100 Permainan dan Perlombaan Rakyat

Dalam buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, terdapat 50 Permainan Tradisional (Congklak, Engklek, Egrang, Lompat tali, Cublak-cublak suweng, Cingciripit, Petak Umpet, dll) dan 50 Perlombaan 17 Agustusan (panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, dll)

Senin, 06 Januari 2014

Permainan Tradisional Congklak


Anda tentu tahu permainan tradisional congklak. Permainan tradisional congklak adalah salah satu permainan tradisional yang dikenal sejak zaman dahulu. Congklak merupakan permainan yang menggunakan alat. Alat permainan congklak adalah papan congklak dan biji congklak.
Berikut ini macam-macam papan congklak dari berbagai sumber.


Papan congklak tersebut terbuat dari kayu. Namun, saat ini Anda bisa menggunakan papan congklak dari bahan plastik. Harga peralatan congklak ini juga terjangkau. 

Biji congklak terbuat dari kerang (kuwuk). Saat ini mungkin Anda kesulitan mendapatkan kerang (kuwuk), biji congklak juga ada yang terbuat dari plastik dengan bentuk menyerupai kerang (kuwuk).
Saat ini, tidak banyak anak-anak yang mengenal permainan congklak. Padahal dalam permainan tradisional congklak, banyak nilai yang bisa dipelajari oleh anak. Oleh karena itu, baik sekali jika orangtua memperkenalkan permainan tradisional congklak pada anak-anak sejak dini.
Dalam permainan congklak anak dilatih untuk bersikap jujur, sportif, berani menerima kekalahan, berpikir kreatif, dan taat pada aturan.

Dalam buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, Hanya Ada di Indonesia, Anda bisa menemukan 50 permainan tradisional dan 50 perlombaan rakyat. Congklak salah satu permainan yang ada dalam buku tersebut. Dalam buku ini dijelaskan cara permainannya dan disertai gambar ilustrasi yang menarik.
Identitas buku
Judul Buku : 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat
Nama Penulis : Askalin
Ilustrator : SatuDuniaIde
Penerbit : Nyo-Nyo (Imprint Penerbit Andi)
Tahun : 2013
ISBN : 978-979-29-4003-9
Tebal  : vi + 90 halaman
Harga :  Rp54.000


INGIN MEMBELI BUKU 100 PERMAINAN dan PERLOMBAAN RAKYAT

Dapatkan di toko buku gramedia di seluruh Indonesia

Anda bisa juga sms ke 08159898723 (format sms: 100Permainan: Nama dan alamat lengkap)

Klik link berikut untuk mendapatkan diskon 20% dan diskon 15 %

www.andipublisher.com
www.bukabuku.com


Sumber gambar: dari berbagai sumber di mesin pencari google


1 komentar: