100 Permainan dan Perlombaan Rakyat

Dalam buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, terdapat 50 Permainan Tradisional (Congklak, Engklek, Egrang, Lompat tali, Cublak-cublak suweng, Cingciripit, Petak Umpet, dll) dan 50 Perlombaan 17 Agustusan (panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, dll)

Senin, 08 Desember 2014

Permainan Tradisional: Egrang Bambu

Egrang Bambu

Permainan egrang adalah salah satu permainan tradisional yang hampir dikenal di seluruh daerah di Indonesia. Permainan egrang membutuhkan keseimbangan berdiri pemainnya karena dalam permainan egrang pemain harus mampu berdiri dan berjalan dengan menaiki bambu yang digunakan sebagai pengganti pijakan kaki.
Istilah egrang berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. Di setiap daerah memiliki istilah yang berbeda untuk menyebut permainan egrang ini. Di sebagian wilayah Sumatera Barat dikenal dengan sebuatan tengkak-tengkak dari kata tengkak (pincang), dalam bahasa Bengkulu disebut ingkau yang berarti sepatu bambu. Di Jawa Tengah dikenal dengan sebutan jangkungan yang berasal dari nama burung berkaki panjang. Dalam bahasa Banjar di Kalimantan Selatan disebut batungkau.
Alat yang dipakai dalam permainan egrang adalah bambu panjang yang ditambah pijakan kaki. Pilih bambu yang agak besar yang dapat digenggam tangan. Tinggi bambu disesuaikan dengan ukuran panjang badan yang menggunakan egrang. Kemudian jarak pijakan kaki dengan permukaan tanah juga dapat disesuaikan. Permainan egrang dapat dimainkan sendiri atau diperlombakan. Jika diperlombakan, permainan egrang dapat digunakan dalam lomba lari menggunakan egrang. Peserta lomba lari harus menggunakan egrang dan pemain yang sampai lebih dahulu di garis finish adalah pemenangnya. Permainan egrang memerlukan kehati-hatian dan keseimbangan pemainnya. Jika belum terbiasa menggunakan egrang, pasti akan sering terjatuh, tetapi jika sudah bisa menggunakan egrang, pasti akan ketagihan memainkannya.

Sumber: Buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia, karya Askalin

Lebih lengkap ada di buku ini!
Judul Buku : 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat
Nama Penulis : Askalin
Ilustrator : SatuDuniaIde
Penerbit : Nyo-Nyo (Imprint Penerbit Andi)
Tahun : 2013
ISBN : 978-979-29-4003-9
Tebal  : vi + 90 halaman
Harga :  Rp54.000

Ingin beli buku ini dengan diskon 20% klik www.andipublisher.com
Ingin beli buku ini dengan diskon 15% klik www.bukabuku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar