100 Permainan dan Perlombaan Rakyat

Dalam buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, terdapat 50 Permainan Tradisional (Congklak, Engklek, Egrang, Lompat tali, Cublak-cublak suweng, Cingciripit, Petak Umpet, dll) dan 50 Perlombaan 17 Agustusan (panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, dll)

Selasa, 23 Juni 2015

Permainan tradisional: Cublak-cublak Suweng

Masih ingat dengan syair lagu ini:
Cublak-cublak suweng
Suwenge ting gelenter mambu ketundung gudel
Pak empo lera- lere sapa ngguyu ndelikake
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Syair lagu ini dinyanyikan dalam permainan tradisional dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Bagi Anda yang masa kecilnya didaerah tersebu pasti tahu, seperti apa permainan cublak-cublak suweng.
Nah, bagi Anda yang belum mengetahui jenis permainan tradisional cublak-cublak suweng dapat melihatnya di buku "100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia" yang ditulis oleh ASKALIN. Permainan tradisional cublak-cublak suweng terdapat di halaman 20. Selain permainan tradisional cublak-cublak suweng, ada 49 permainan tradisional lain dalam buku ini. Jadi total, dalam buku "100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia" ini ada 50 Permainan Tradisional. Selain permainan tradisional di buku "100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia" ini juga terdapat 50 perlombaan 17 Agustus. Semua permainan tradisionak dan perlombaan 17 Agustus ini dipastikan hanya ada di Indonesia.
Judul : 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia
Penulis : Askalin
Penerbit : Nyo-Nyo (Imprint Penerbit Andi)
Tahun terbit : 2013
ISBN : 978-979-29-4003-9
Tebal  : vi + 90 halaman
Harga :  Rp54.000
Bisa dibeli di
www.andipublisher.com
www.bukabuku.com
www.kutukutubuku.com
www.belbuk.com
Beli langsung di penulis sms/wa 085697602414
Sinopsis
Ayo siapa yang masih ingat atau bahkan sudah pernah bermain engklek, egrang, atau cublak-cublak suweng? Ya, itulah beberapa contoh permainan tradisional yang akhir-akhir ini sudah jarang kita temui. Tahukah kalian bahwa permainan tradisional adalah permainan yang penuh tantangan. Permainan ini dapat melatih fisik dan mental anak. Secara tidak langsung, anak-anak akan belajar bagaimana melatih ketangkasan, kreativitas, kerjasama, jiwa kepemimpinan, bersosialisasi dan masih banyak nilai edukasi lainnya.
Buku ini menyajikan 50 permainan tradisional dan 50 perlombaan 17 Agustus-an lengkap dengan cara bermain dan gambar yang menarik. Dengan buku ini diharapkan anak-anak Indonesia mampu melestarikan budaya tanah air dan menciptakan generasi yang lebih energik dan siap fisik serta mental untuk menghadapi masa depan.

1 komentar: