100 Permainan dan Perlombaan Rakyat

Dalam buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, terdapat 50 Permainan Tradisional (Congklak, Engklek, Egrang, Lompat tali, Cublak-cublak suweng, Cingciripit, Petak Umpet, dll) dan 50 Perlombaan 17 Agustusan (panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, dll)

Sabtu, 06 Juni 2015

Lomba 17 agustusan: lomba makan kerupuk

Lomba 17 agustusan: lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba yang selalu menjadi bagian dalam lomba-lomba 17 agustusan. Lomba 17 agustusan diadakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Lomba makan kerupuk pasti ada menjadi salah satu lomba yang dipertandingkan.
Lomba makan kerupuk bisa dilombakan dengan peserta anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Semua umur bisa mengikuti lomba makan kerupuk ini.
Lomba 17 agustusan tanpa lomba makan kerupuk ibaratnya seperti sayur tanpa garam. Tidak hanya dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI lomba makan kerupuk diadakan. Dalam acara-acara berbagai kegiatan  seperti gathering, reuni, temu kangen, dan sebagainya, lomba makan kerupuk menjadi salah satu lomba yang menjadi hiburan seru.
Lomba 17 agustusan biasanya diadakan diberbagai tempat. Biaya yang cukup murah menjadikan lomba makan kerupuk banyak dijadikan salah satu lomba dalam kegiatan, terutama pada peringatan HUT Kemerdekaan RI.
Modal yang butuhkan untuk lomba makan kerupuk adalah satu blek kerupuk dan tali rafia. Dengan modal itu, lomba makan kerupuk bisa dilakukan.
Selain lomba makan kerupuk, masih banyak lagi lomba -lomba 17 agustusan lainnya.

5 Lomba yang selalu ada dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI
1. Lomba makan kerupuk
2. Lomba balap karung
3. Lomba tarik tambang
4. Lomba sendok kelereng
5. Lomba panjat pinang

Itu baru lima lomba 17 agustusan. Jika dirinci jenis lombanya, lomba 17 agustusan ada 50 buah lomba. Coba bayangkan, betapa meriahnya jika peringatan HUT Kemerdekaan RI dimeriahkan dengan 50 buah perlombaan rakyat, wah pasti seru sekali.
Mau tahu daftar 50 lomba 17 agustusan yang pernah dilombakan di Indonesia? Tidak perlu bingung, dalam buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat kamu bisa menemukan 50 perlombaan 17 agustusan dan 50 permainan tradisional.

Judul: 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia
ISBN: 978-979-29-4003-9
Penulis: Askalin
Penerbit: Rainbow, imprint Penerbit Andi
Ukuran: 20x28 cm²
Tebal: viii+92 halaman
Edisi⁄Cetakan: I, 1st Published
Tahun Terbit: 2013
Berat: 200 gram
Harga: Rp 54.000,-
   
Sinopsis

Ayo siapa yang masih ingat atau bahkan sudah pernah bermain engklek, egrang, atau cublak-cublak suweng? Ya, itulah beberapa contoh permainan tradisional yang akhir-akhir ini sudah jarang kita temui. Tahukah kalian bahwa permainan tradisional adalah permainan yang penuh tantangan. Permainan ini dapat melatih fisik dan mental anak. Secara tidak langsung, anak-anak akan belajar bagaimana melatih ketangkasan, kreativitas, kerjasama, jiwa kepemimpinan, bersosialisasi dan masih banyak nilai edukasi lainnya.
Buku ini menyajikan 50 permainan tradisional dan 50 perlombaan 17 Agustus-an lengkap dengan cara bermain dan gambar yang menarik. Dengan buku ini diharapkan anak-anak Indonesia mampu melestarikan budaya tanah air dan menciptakan generasi yang lebih energik dan siap fisik serta mental untuk menghadapi masa depan.

Buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat bisa dibeli di www.bukabuku.com, www.andipublisher.com, www.kutukutubuku.com

Beli langsung ke penulis sms/wa 085697602414

1 komentar: